Rabu, 24 Oktober 2018

Servis Vega R jadul 2004

REM CAKRAM BLONG

Pernahkah sepeda motor anda mengalami hal seperti pada judul si atas?Gejala kerusakan rem pada sepeda motor saya adalah saat pertama di tekan,rem bisa ngerem,tapi kalo lama nekannya,seperti kalau lagi berhenti di bangjo,rem lama2 blong.Servis sepeda motor bukanlah keahlian saya,makanya kerusakan rem ini sudah berlangsung lama/beberapa tahun.Pernah sekali aku serviskan ke bengkel khusus yamaha,e cuma berlangsung beberapa hari kumat lagi penyakitnya.Sepeda motor saya adalah vega r tahun 2004,motor tua.Motor kenangan dari almarhum ibu tercinta saya,makanya tidak akan saya jual,kalaupun di jual,paling cuma laku 2,5 juta,untuk pasaran motor saat ini.Saat itu harga baru 10juta.Uang tabungan saya 4 juta,di tambahi simbok 6 juta.
Sebenarnya sudah dari dulu saya pengen memperbaikinya,tapi tidak pernah berhasil membuka tutup tempat minyak rem.Entah mengapa kemarin sehabis motor saya cuci,setelah hampir 8 tahun tidak pernah di cuci,di lap aja jarang,iseng2 coba membuka tutup minyak rem yang bautnya sudah rusak kepalanya,karena dulu pernah di buka oleh bengkel amatir,dengan perasaan pesimis,loh koq bisa terbuka.Timbullah jiwa teknisiku/suka utak utik.Masa alloh begitu kotornya tempat minyak,banyak kerak2 kuning,besi pemompa minyak juga kotor banget,banyak kerak2 kekuningan.Setelah pembersihan selesai,coba di pasang lagi,lho koq masih nggembos.Besi pemompa minyak rem ini terdapat 2 karet klep pemompa yang bentuknya berbeda,yang sisi depan lebih longgar di banding sisi belakang,coba lepaskan dulu karet klep dari besi,perhatikan dengan seksama,jangan sampai terbalik saat memasang kembali,terutama karet klep bagian belakang,bersihkan besi dari kerak kerak,terlihat besi jadi tdk rata lagi permukaannya,itulah penyebab rem jadi blong,karena masih ada rongga2 udara.Coba lilitkan TBA(biasa di pakai untuk memasang kran air)pada permukaan besi tempat menempelnya karet klep,pada rem saya, cuma sil bagian belakang saja yg saya tambahi TBA.Tidak lupa bersihkan juga lubang masternya.Ganti minyak rem nya.Semoga sukses.
Ternyata hanya bertahan beberapa hari saja,akhirnya aku ganti master remnya,yang asli sekalian dg harga 124 ribu.Dan sukses.

SPEDO METER MATI

Langsung ganti saja girbok nya dengan yang asli harga 119ribu harga ofline,/30 an ribu tembakan harga online.Tinggal pilih yang mana,kalau saya pilih yang asli,yang penting awet.Girbok dari baru baru rusak hari ini,sudah 16 tahun bro.
Setelah ganti girbok spedo bawah yang menempel di roda, koq jarum spedo meter mentok walau cuma jalan pelan. Seiring berjalannya waktu,jarum kadang bisa normal, tapj kalau sudah berhenti lama, kumat lagi penyakitnya. Tapi sekarang sudah normal sendiri, cuma saat benjalan pelan, jarum spedo agak goyang goyang. 
Sekalian ganti lampu spedo meter,yang asli merk stanly harga 6ribu

STARTER KADANG BISA KADANG BISA KADANG MACET, AKI BARU

Penyebabnya gara-gara di ganti oli mesin, saya buka tutup oli semalaman, sampai benar benar habis oli bekasnya, paginya baru di isi oli mesin baru, lha koq starter jadi eror. Kadang bisa kadang eror, tegangan langsung drop,  motor starter macet saat starter di tekan. Setelah cari sana cari sini, kerusakan pada spoel pengisian dan spoel lampu, sedang spoel untuk pengapian masih bagus.

REM TROMOL BELAKANG EROR

Kerusakan rem tromol ini kadang ngancing sesaat saat di gunakan, apalagi kalau habis kehujanan, rem bisa ngancing sampai ngosek ngosek ban belakangnya,harus di panaskan dulu tromol rem baru bisa normal remnya. dulu pernah ganti tromol, karena tromol yang lama sudah ngantong parah, Teori dari teman youtub, saat membersihkan kampas rem, maka posisi kampas rem jangan di bolak balik, posisinya sama dari baru sampai habis.
Akhirnya penyakit sembuh setelah ganti kampas rem indopart harga 30K, dan ganti ass paha rem belakang ori harga 55K, jangan lupa kasih paslin ass pahanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar